Jangan Sembarangan Derek Mobil Toyota Matik, Ini Alasannya.

Lebih aman menggunakan mobil gendong daripada mobil derek

Jika mobil yang Anda miliki bertransmisi matik, perawatan yang diberikan tidak boleh sembarangan. Termasuk ketika mobil saat bermasalah dan harus diderek. Bila sampai salah mengangkat bagian mobil (depan atau belakang) maka bisa merusak komponen transmisi mobil tersebut.

“Semisal Toyota Avanza matik dengan sistem penggerak roda belakang, jangan sampai diderek dengan cara diangkat bagian depan, sehingga roda belakang yang berputar di jalan. Seharusnya roda belakang yang diangkat dan roda depan yang berputar,” tutur Iwan Abdurrahman, General Repair Sevice Manager Toyota Astra Motor (TAM).


Ia pun mengatakan bahwa Anda harus mengetahui bagian roda mana yang menjadi penggerak, roda depan atau belakang. Yang pasti, Anda tak boleh membiarkan roda penggerak kendaraan untuk yang menyentuh jalan.

Jika sampai tidak mengindahkan hal ini maka komponen bagian dalam pada transmisi bisa terganggu. Hal ini terjadi karena mobil diputar paksa secara terbalik karena diderek dengan kecepatan tinggi.

“Normalnya, mesin yang memutar transmisi, kemudian berlanjut ke roda penggerak. Tapi kalau pada kasus mobil diderek, roda penggerak tersebut yang jadinya memutar transmisi, melalui propeller shaft, yang di dalamnya ada komponen one-way clutch yang dipaksa memutar balik. Kondisi ini cukup riskan dan berbahaya bagi mobil transmisi matik,” tambahnya.

Sebaiknya ketika akan menderek mobil matik, roda penggerak lah yang harusnya diangkat. Bila masih ragu untuk panggil mobil derek maka sebaiknya gunakan mobil gendong.

 Lantas bagaimana bila kondisi darurat dan posisi roda penggerak harus menyentuh aspal?

Kalau memang seperti itu, menurut Iwan kecepatan derek tidak boleh melebihi 30 km/h.

Baca juga: Review Toyota All New Kijang Innova
Jangan Sembarangan Derek Mobil Toyota Matik, Ini Alasannya. Jangan Sembarangan Derek Mobil Toyota Matik, Ini Alasannya. Reviewed by Handi Cahyono on Tuesday, April 19, 2016 Rating: 5

No comments

Latest in Sports


Sales Toyota Bekasi

Arief Hendaryana
Sales Executive Toyota
Auto2000 Bekasi Barat
Jawa Barat

Call / SMS :
0822 2000 3030
0877 9696 2000
Pin.BB : 516D3EDC